Selasa, 16 Juli 2013

Cantiknya Masjid Hassan II Yang Berada Di Atas Laut

Di bulan suci Ramadhan ini tak ada salahnya Anda pelesir ke masjid-masjid yang indah nan mempesona. Salah satu masjid indah yang dikunjungi adalah Masjid Hassan II yang berada di Casablanca, Maroko.

Masjid Hassan II adalah masjid terbesar kedua di dunia. Menara masjid memiliki tinggi hingga 210 meter dinobatkan sebagai menara masjid tertinggi di dunia. 

Masjid yang mempunyai kapasitas hingga 25 ribu orang ini didirikan dengan menghabiskan waktu enam tahun, mulai tahun 1980 dan didesain oleh seorang arsitek bernama Michel Pinseau kebangsaan Prancis.

Masjid yang didirikan kemudian diberi nama yang sama dengan nama sang raja. Masjid ini terletak di sebuah tanjung yang mengarah langsung ke Samudra Atlantik.

Ini adalah permohonan khusus dari Raja Hassan sebab di dalam Al Quran, kitab suci umat muslim, disebutkan bahwa singgasana Tuhan terletak di atas laut. 

Hal menarik lainnya terdapat pada bagian lantai masjid ini yang terbuat dari kaca sehingga umat Muslim yang tengah beribadah dan bersujud dapat menyaksikan secara langsung ke dalam laut.


Masjid didesain khusus agar tahan gempa komplit dengan tempat pemandian karakteristik Turki dan mempunyai lantai yang dilengkapi penghangat yang dapat disesuaikan dengan kondisi cuaca. 
Atap masjid terbuat dari pintu elektrik yang secara otomatis dapat terbuka, sebagai simbol bahwa seluruh ibadah yang dillaksanakan di masjid ini akan dibawa ke atas (surga) seperti dilansir dari BBC.

Arsitektur masjid didominasi oleh gaya Moorish dan serupa dengan Masjid Al Cordoba di Spanyol. Masjid Hassan II serta Masjid Tin Mal merupakan dua masjid di Maroko yang terbuka untuk umum serta para pengunjung non-Muslim. 

Seluruh pengunjung bisa membeli tiket masuk masjid dan akan dibimbing oleh pemandu tur yang bertugas dan memberikan penjelasan secara rinci dari interior masjid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar